Sportalavista
Connect with us

Hi, what are you looking for?

BOLA

Liga 1: Hasil Pertandingan Persita 1 VS 2 Persija, Catatan Manis Sudirman

Catatan Apik Pelatih Baru Persija Sudirman

Persita vs Persija SPORTALAVISTA | Portal Berita Olahraga Terupdate

Persija Jakarta berhasil mengalahkan Persita Tangerang 2-1 di Pekan 21 kompetisi Liga 1 2021-2022. Laga Persita vs Persija pada Rabu (26 Januari 2022) malam WIB di Stadion Gelora Ngurah Rai Denpasar, Bali. Ilham Rio Fahmi (32′) dan Taufik Hidayat mencetak dua gol kemenangan bagi Persija Jakarta pada menit ke-70.

Pada menit ke-40, striker Brasil Tyrone Correa mencetak gol untuk Persita Tangerang. Kemenangan tipis atas Persita menjadi kado tersendiri bagi Sudirman yang akan pertama kali menjadi pelatih Persica di La Liga pada 2021-2022.

Kemenangan atas Persita menghentikan situasi buruk Persia yang sempat gagal menang dalam dua pertandingan terakhir. Ini merupakan kemenangan ke-8 Persija Jakarta di Liga 1 2021-2022. Kemenangan atas Persita mengangkat posisi Persija ke peringkat 8 La Liga dengan 32 poin dari 21 pertandingan. Di sisi lain, Persita asuhan Widodo C. Putro kini berada di peringkat 10 klasemen La Liga dengan 25 poin dari 21 pertandingan.

Baca Juga: MobaZane Ke Indonesia. Apakah Akan Bergabung Dengan Salah Satu Tim Esport Indonesia?

Pada awal babak pertama, Persita Tangerang dan Persija Jakarta langsung bermain terbuka dengan tempo cepat. Persija Jakarta yang mulai mendominasi sejak pertengahan babak pertama berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol bek kanan berusia 20 tahun, Ilham Rio Fahmi, pada menit ke-32.

Ilham Rio mencetak gol indah lewat tendangan keras kaki kanan yang dilepaskan dari sisi kiri kotak penalti Persita. Gol Ilham Rio Fahmi menjadi satu-satunya tembakan tepat sasaran Persija Jakarta sepanjang babak pertama.

Namun, keunggulan Persija itu hanya bertahan delapan menit setelah Taylon Correa berhasil mencetak gol penyeimbang. Menerima umpan silang, M. Kasim Botan, Taylon Correa sukses menaklukkan kiper Persija, Andritany Ardhiyasa, lewat tendangan kaki kanan. Persita Tangerang terbilang layak mendapatkan satu gol karena sudah melepaskan lima tembakan tepat sasaran sepanjang babak pertama.

Baca Juga: Ichal Bokar Kebusukan dalam dunia Trading

Berlanjut ke babak kedua, pelatih Persija, Sudirman, langsung melakukan satu perubahan dengan menarik keluar Alfriyanto Nico dan memasukkan Irfan Jauhari. Di sisi lain, pelatih Persita, Widodo C. Putro, masih mempertahankan komposisi pemainnya. Pada awal babak kedua, Persita mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Tepat pada menit ke-46, Andre Agustiar berhasil lolos dari jebakan offside setelah menerima umpan terobosan dari Taylon Correa. 

Andre Agustiar kemudian menghadapi situasi 1vs1 melawan Andritany Ardhiyasa. Namun, Andre Agustiar gagal menyelesaikan peluang emas itu setelah tembakan kaki kirinya melebar ke sisi kanan gawang Persija. Empat menit berselang, giliran Taylon Correa yang mencoba peruntungan dengan melepaskan tembakan kaki kanan jarak jauh. Beruntung bagi Persija karena tembakan Taylon Correa masih sedikit melebar di sisi kiri gawang. Terhitung sejak awal babak kedua hingga menit ke-53, Persita Tangerang sudah empat kali melepaskan tembakan ke arah gawang.

Memasuki menit ke-55, Persija secara perlahan mulai berhasil keluar dari tekanan atau pressing tinggi pemain Persita. Tepat pada menit ke-63, Sudirman memutuskan menarik keluar Marko Simic dan memasukkan Taufik Hidayat. Menilik data statistik, keputusan Sudirman menari keluar Marko Simic cukup beralasan. 

Sejak awal babak pertama, Marko Simic terkunci dan hanya mampu melepaskan dua tembakan ke arah gawang. Keputusan Sudirman kali ini langsung membuahkan hasil pada menit ke-69 setelah Taufik Hidayat sukses mencetak gol. Gol kedua Persija berawal dari umpan jarak jauh Novri Setiawan ke arah Taufik Hidayat. Umpan Novri Setiawan itu seharusnya bisa diantisipasi oleh bek tengah Persita, Syaeful Anwar. Namun, Syaeful Anwar justru melakukan blunder fatal setelah gagak menyundul atau memotong bola umpan Novri Setiawan.

Taufik Hidayat yang berdiri tepat di belakang Syaeful Anwar kemudian berhasil memanfaatkan blunder itu dan langsung melakukan akselerasi ke kotak penalti Persita. Mendapatkan ruang tembak yang lebar, Taufik Hidayat dengan tenang mampu menaklukkan kiper Persita, Rendy Oscario, dengan tembakan mendatar kaki kanan. Tembakan Taufik Hidayat itu terlebih dahulu masuk ke sela-sela kaki Rendy Oscario sebelum masuk ke gawang Persita.

Tiga menit berselang, Taufik Hidayat nyaris mencetak gol kedua andai sundulannya dari dalam kotak penalti tidak membentur mistar. Tertinggal 1-2, Widodo C. Putro melakukan penyegaran dengan menarik keluar Sin Yeong-bae dan Taylon Correa pada menit ke-75. 

Dua pemain itu digantikan oleh Rishadi Fauzi dan Ahmad Nur Hardianto. Tepat pada menit ke-77, Andritany melakukan penyelamatan gemilang ketika menepis tembakan kaki kiri M. Toha. Andritany kali ini harus terbang untuk menepis tendangan M. Toha yang mengarah ke sisi kanan gawangnya. Tidak ada gol tambahan tercipta. Skor 2-1 untuk keunggulan Persija bertahan hingga akhir laga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

BOLA

Adam Traore Kembali ke Barcelona

For You

Francesco Guidotti Seperti Meluapkan Keluh Kesahnya

BASKET

Indonesian Basketball League