Sportalavista
slotid88
slotid88
slotid88
coin303
coin303
slot gacor
jakartabet
dwv99
coin303
coin303
coin303
coin303
coin303
coin303
Connect with us

Hi, what are you looking for?

For You

SEJARAH SPONSOR ROKOK DI DUNIA OLAH RAGA INDONESIA

Harga Rokok 2022 Naik

hargarokoknaik SPORTALAVISTA

Kontribusi cukai rokok mencapai 96 persen

Seperti kita tahu Cukai rokok hingga saat ini masih menjadi penyumbang terbesar pendapatan negara dari cukai.  Kontribusi cukai rokok mencapai 96 persen. Dengan berbagai macam jenis nya tidak bisa dipungkiri Rokok memberikan efek besar pada perekonomian.

Banyak dari kalian mungkin sebagai perokok pasif merasa senang, tapi bagaimana para perokok aktif? tapi tenang kali ini kita tidak akan membahas sampai ke dalam sana. Kita akan membahas bagaimana rokok bisa menjadi sponsor di arena Olahraga seperti di Indonesia.

Nonton Live Streaming Pertandingan Olahraga Di Sportalavista

Rokok dan sepak bola di Indonesia punya hubungan yang erat. Meski pada akhirnya harus dipisahkan lewat peraturan pemerintah nomor 109 tahun 2012. Peraturan tersebut melarang perusahaan rokok untuk terlibat dalam kegiatan olahraga.

sportalavista
Via Kompas.com

Baca Juga: Indonesia Gagal Juara Piala AFF 2020

PT Djarum menjadi pabrikan rokok terakhir yang mensponsori liga sepak bola di Indonesia. Walau demikian, nama Super masih ada menempel di nama Liga. Tepatnya di musim 2013 dan 2014 sebagai yang terakhir. Masih ingat siapa juaranya saat itu? Persib Bandung saat mengalahkan Persipura Jayapura di Stadion Jakabaring, Palembang dengan skor 5-3 lewat adu penalti.

Djarum baru mulai menjadi sponsor dari 2005 hingga 2014. Tapi ternyata justru jauh sebelumnya, pada musim 1989-90 pun kompetisi sudah disponsori oleh Djarum. Saat itu liga bernama ‘Djarum Super Divisi Utama Perserikatan’. Dia memberikan temuan yang sama saat Persib menjadi juara di musim 1993-94, tahun terakhir era perserikatan digelar.

Munculnya perusahaan rokok sebagai sponsor utama Liga Indonesia terjadi pada tahun 1994. Kala itu dengan dana Rp4,5 miliar per musim, perusahaan rokok Dunhill menjadi sponsor utama Liga Indonesia. Hingga mengubah nama kompetisi menjadi Liga Dunhill. Munculnya Dunhill sebagai sponsor utama kompetisi sepakbola di Indonesia juga berdampak pada seluruh klub peserta.

Baca Juga: Rumor BTK MobaZane Berminat Pindah ke RRQ Hoshi

Dimana mereka wajib memasang nama produk rokok asal Amerika Serikat tersebut di depan jersey mereka masing-masing. Sukses Dunhill menjadi sponsor Liga Indonesia selama dua musim, membuat sejumlah perusahaan rokok lain ikut mengambil peluang setelah mundurnya Dunhill di tahun 1996.

Pada saat itu adalah perusahaan rokok asal Amerika Serikat lainnya, Kansa, yang juga menjadi sponsor Liga Indonesia hingga dua musim ke depan. Masih dengan skema yang sama. Dimana nama liga dan logo mereka terpampang di jersey klub, kansas menyuntikan dana sebesar Rp5,350 untuk menjadi sponsor semusimnya.

Sempat terhenti sejak Kansas usai menjadi sponsor dua musim. Dan menggunakan sponsor dari perusahaan lain pasca krisis moneter. Liga Indonesia akhirnya kembali mesra dengan perusahaan rokok ketika Djarum Super muncul sebagai sponsor pada musim 2005. Djarum bahkan cukup lama bertahan menjadi sponsor Liga Indonesia. Hingga ke Era Liga Super di tahun 2011.  Pada tahun 2005 itu, perusahaan rokok PT Bentoel Prima juga muncul sebagai sponsor utama Piala Indonesia. Hingga menghadirkan nama Copa Dji Sam Soe.

Sekarang Menteri Pemuda dan Olahraga juga sudah mendukung penuh larangan Rokok masuk kedalam dunia olahraga Indonesia. Semoga kita semua juga terus sehat ya dengan terus berolahraga dan meninggalkan segala sesuatu yang bisa merugikan diri kita. 

Advertisement
Advertisement
Advertisement

You May Also Like

BOLA

Adam Traore Kembali ke Barcelona

For You

Francesco Guidotti Seperti Meluapkan Keluh Kesahnya

BASKET

Indonesian Basketball League