Sportalavista
Connect with us

Hi, what are you looking for?

BOLA

Kanada Lolos Piala Dunia Setelah Penantian 36 Tahun

Sportalavista SPORTALAVISTA | Portal Berita Olahraga Terupdate

Kanada Mengukir Sejarah Baru

Sejarah tercipta untuk Timnas Kanada. Untuk pertama kalinya sejak 36 tahun terakhir, mereka memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia. Penantian lebih dari 3 dekade lamanya itu akhirnya berakhir setelah tim berjuluk Les Rouges bersua Jamaika pada laga ke-13 kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONCACAF.

Keunggulan Kanada dibuka dengan gol Cyle Larin pada menit ke-13. Cajon Buchanan mencetak gol kedua tim itu pada menit ke-44. Gol Junior Hoilett (83) dan gol bunuh diri Adrian Mariappa (88) kemudian memastikan skor jadi 4-0.

Kemenangan ini kian memantapkan posisi Kanada di puncak klasemen. Mereka mengemas nilai 28. Dengan satu laga tersisa, mereka sudah unggul 9 poin dari Kosta Rika di posisi keempat.

Baca Juga:

Kisah Dibalik Gelar Ganda Putra All England 2022 Bagas/Fikri

Dengan hanya menyisakan satu lagi laga kualifikasi, Kanada sudah dipastikan tak akan terkejar dan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Nantinya tiga tim teratas klasemen zona Amerika Tengah dan Utara ini berhak lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Berhasil meraih tiket ke Qatar membuat Kanada menyudahi penantian selama 36 tahun untuk berlaga di Piala Dunia. Terakhir kali, Kanada ambil bagian di turnamen akbar sepak bola tersebut, pada edis 1986.

Pertama kali Timnas Kanada ikut kompetisi sepak bola resmi terjadi pada 1924. Meski begitu, sepak bola sudah mulai dimainkan dan populer di Kanada sejak 1877.

Meski belum resmi berbentuk tim nasional, Kanada sudah lebih dulu mencatatkan prestasi dengan meraih medali emas pada Olimpiade 1904 di Amerika Serikat.

Saat itu, cabag sepak bola putra di Olimpiade baru diikuti oleh tiga negara saja, Kanada, Amerika Serikat, dan Galt FC.

Baca Juga:

Adama Traore Pulang Dari Wolverhampton Kembali Ke Barcelona

Pada 1924 itu, Timnas Kanada melakukan tur ke Australia untuk melakukan beberapa pertandingan persahabatan. Pertandingan resmi mereka terjadi melawan Australia pada 7 Juni 1924.

Timnas Kanada pun baru bisa lolos ke Piala CONCACAF pada edisi 1977. Saat itu mereka menempati peringkat keempat, pun di edisi 1981 meraih prestasi yang sama.

Sejarah buat Kanada akhirnya datang ketiga mereka mampu menjadi juara Piala CONCACAF edisi 1985. Saat itu Kanada mengalahkan Honduras di partai final.

Atas keberhasilan menjadi kampiun CONCACAF, Kanada lolos ke Piala Dunia 1986, tetapi mereka tersingkir di penyisihan grup.

Menariknya, Piala Dunia 1986 menjadi edisi pertama dan satu-satunya yang diikuti oleh Kanada hingga akhirnya penantian itu selesai usai lolos ke Piala Dunia 2022.

Meski begitu, Timnas Kanada sempat mampu menjadi juara Piala Emas CONCACAF (Gold Cup) pada 2000 usai mengalahkan Kolombia pada partai final.

Kemenangan itu membuat Kanada lolos ke Piala Konfederasi 2001 di Korea dan Jepang. Namun, mereka lagi-lagi cuma sampai di penyisihan grup.

Cukup lama Timnas Kanada mengalami naik-turun performa, hingga akhirnya generasi-generasi emas mulai muncul dan menjadi tulang punggung Kanada dalam beberapa tahun terakhir.

Pada gelaran Piala Emas CONCACAF 2021 lalu, Timnas Kanada menempati peringkat ketiga usai kalah dari Meksiko di semifinal.

Jangan lupa ikuti terus Sportalavista Berita Olahraga Terupdate yang akan memberikan informasi tim kesayangan kamu. Support Sport News Sportalavista dengan berkomentar pada kolom dibawah ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

BOLA

Adam Traore Kembali ke Barcelona

For You

Francesco Guidotti Seperti Meluapkan Keluh Kesahnya

BASKET

Indonesian Basketball League