Sportalavista
Connect with us

Hi, what are you looking for?

BASKET

Timnas Basket Indonesia Masih Bisa ke FIBA World Cup 2023

Timnas basket Indonesia SPORTALAVISTA
Timnas basket Indonesia saat tampil di kualifikasi FIBA World Cup 2023.

Sportalavista – Timnas basket Indonesia dilaporkan masih tetap bisa lolos ke FIBA World Cup 2023, meski mereka tidak lolos kualifikasi. Menurut Federasi bola basket Indonesia atau Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi), Timnas basket Indonesia masih punya beberapa cara untuk bisa lolos ke ajang piala dunia.

Ketika menjalani sesi kualifikasi FIBA Asia, Timnas basket Indonesia diketahui hanya mendekam di peringkat terakhir Grup C. Sekedar informasi, saat itu tim Indonesia Patriots berada dalam satu grup bersama dengan Lebanon, Jordan, dan Saudi Arabia.

Bermain 6 kali dalam satu grup, Tim basket Indonesia dikabarkan tidak mampu menorehkan 1 kemenangan pun. Menurut berita olahraga yang dilansir Sportalavista, Tim Indonesia Patriots kerap kali menelan kekalahan telak dari sejumlah lawannya di kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia.

Jika melihat hasil tersebut membuat Timnas basket Indonesia gagal masuk penyisihan grup FIBA World Cup 2023. Padahal mereka dipastikan menjadi salah satu negara yang bakal menjadi tuan rumah ajang basket paling bergengsi di seluruh dunia tersebut.

Nantinya Indonesia bakal menggelar ajang FIBA World Cup 2023 bersama dengan negara Asia lainnya, yakni Filipina dan Jepang. Berbeda dengan Timnas basket Indonesia, Filipina dan Jepang justru sudah lebih dulu dipastikan mendapat tempat di putaran final FIBA World Cup 2023.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Penampilan Timnas Basket Indonesia di Kualifikasi FIBA World Cup 2023

Timnas basket Indonesia dipastikan tak lolos dari kualifikasi FIBA World Cup 2023 setelah hanya mendekam di peringkat terakhir Grup C zona Asia. Itu terjadi ketika Tim Indonesia Patriots tak mampu menorehkan 1 kemenangan pun atas sejumlah lawannya.

Pada pertandingan pertama melawan Lebanon, Timnas basket Indonesia dipaksa menyerah dengan skor telak 38-96. Ketika menghadapi Lebanon di pertemuan kedua, Tim Indonesia Patriots kembali dibantai dengan skor 64-110.

Saat menghadapi Arab Saudi, Timnas basket Indonesia juga menelan kekalahan dengan skor 66-95. Sedangkan pada pertemuan kedua, Tim Indonesia Patriots mampu memberikan perlawanan ketat. Akan tetapi, anak asih Milos Pejic harus tumbang dengan skor tipis 67-69.

Melansir dari situs berita olahraga internasional, Timnas basket Indonesia juga dilaporkan tidak bisa berbicara banyak saat menghadapi Yordania. Mereka juga sama sekali tak bisa meraih poin penuh dalam dua pertemuan di markas lawan dan di kandang sendiri.

Ketika bertandang ke markas lawan, Timnas basket Indonesia cukup memberikan perlawanan. Sayangnya, mereka tetap takluk dengan skor 64-94. Keduanya pun memiliki selisih 30 angka, di mana jumlah tersebut terbilang tidak begitu jauh dibandingkan dengan melawan Lebanon.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Lalu ketika bermain di depan pendukungnya sendiri, yakni Istora Gelora Bung Karno, Timnas basket Indonesia mampu terhindar dari kekalahan yang cukup jauh. Saat itu Yordania mampu memenangkan pertandingan terakhir kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia Grup C dengan skor 77-52.

Tak Lolos Kualifikasi, Timnas Basket Indonesia Masih Bisa Lolos ke FIBA World Cup 2023

Seperti yang sudah disinggung pada paragraf sebelumnya, Timnas basket Indonesia masih berpeluang mengikuti ajang FIBA World Cup 2023. Mengingat, ajang Piala Dunia Basket tersebut memiliki aturan yang unik dalam memutuskan sejumlah tim yang bakal lolos ke sana.

Dengan kata lain, agar bisa menempati tempat di penyisihan grup FIBA World Cup 2023, tim basket dari negara manapun tidak hanya bisa mendapatkan tiketnya dari sesi kualifikasi. Akan tetapi, tiket itu bisa mereka dapatkan melalui turnamen prestisius sebelum kompetisi Piala Dunia Basket digelar.

Bagi Timnas basket Indonesia, mereka sebenarnya punya peluang untuk lolos ke FIBA World Cup 2023 melalui ajang FIBA Asia Cup 2022 kemarin. Tim Indonesia Patriots diharuskan menyudahi turnamen tersebut hingga babak perempat final untuk bisa mendapatkan tiket ke Piala Dunia Basket 2023.

Sayangnya, Timnas basket Indonesia tak mampu mencapai babak tersebut. Mereka lebih dulu dikalahkan oleh China di babak play off dengan skor cukup telak, yakni 58-108. Alhasil, mereka juga tak bisa lolos ke Piala Dunia Basket tahun depan melalui jalur ini.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Namun Perbasi menyebut ada 1.000 cara bagi tim Indonesia Patriots untuk bisa masuk ke FIBA World Cup 2023. “Ada seribu jalan. Ya kami sedang pendekatan. Kita lihat sendiri, kalau Indonesia bermain di kandang, itu penuh. Kita juga tidak mau membangun gedung, tapi nanti yang datang cuma seribu orang. Itu juga tidak diharapkan oleh FIBA,” kata Danny Kosasih.

“Kami akan berusaha sekuat tenaga untuk bicara ke FIBA, tolong dipertimbangkan. Karena kalau tidak, sayang sekali. Pemerintah sudah support, tapi kalau akhirnya gedung itu tidak terpakai secara maksimal. Saya kira masih ada 1.000 cara yang bisa kami tempuh. Kita doakan saja bersama,” tambah Danny Kosasih.

Bagi Anda yang ingin mengetahui berita olahraga terkini mengenai sepak bola, basket, hingga MotoGP, bisa ikuti terus perkembangannya di situs Sportalavista.

Advertisement
COIN303
Advertisement
COIN303
Advertisement
COIN303

You May Also Like

BOLA

Adam Traore Kembali ke Barcelona

For You

Francesco Guidotti Seperti Meluapkan Keluh Kesahnya

BASKET

Indonesian Basketball League