Sportalavista
Connect with us

Hi, what are you looking for?

BOLA

Piala AFF 2020: Timnas Indonesia Bungkam Malaysia 4-1

INAVSMLY SPORTALAVISTA | Portal Berita Olahraga Terupdate

Timnas Indonesia membungkam Malaysia dengan skor 4-1 pada laga Grup B Piala AFF 2020. Duel timnas Indonesia vs Malaysia digelar di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB. Kemenangan itu diraih dengan kekompakan tim Merah Putih dan sempat tertinggal lebih dulu sebelum berbalik unggul. 

 SPORTALAVISTA | Portal Berita Olahraga Terupdate

Gawang timnas Indonesia kawalan Nadeo Argawinata kebobolan setelah Kogileswaran Raj mencetak gol pada menit ke-13. Timnas Indonesia kemudian membalasnya dengan empat gol. Dua di antaranya dicetak oleh Irfan Jaya (36′, 43′), sedangkan dua sisanya dilesakkan Pratama Arhan (50′) dan Elkan Baggott (82′). Dengan kemenangan ini, timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status sebagai juara Grup B, ditemani runner-up Vietnam.

Pratama Arhan melakukan overlap sebelum melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti Malaysia. Sayangnya, upaya Paratama Arhan belum membuahkan gol. Bola hasil sepakannya masih melebar dari gawang lawan. Setelah peluang Pratama Arhan, tempo pertandingan berjalan cepat. Indonesia dan Malaysia saling jual beli serangan. Petaka untuk Indonesia hadir pada menit ke-13. Gawang mereka dijebol oleh Kogileswaran Raj. 

Berawal dari buangan yang tidak sempurna dari Irfan Jaya. Bola bergulir liar di depan kotak penalti timnas Indonesia. Pada saat yang bersamaan, Kogileswaran datang untuk melepaskan sepakan jarak jauh kaki kanan yang bersarang telak ke pojok kiri bawah gawang Nadeo Argawinata.

Sportalavista Bukan Sekedar Berita

Semenit berselang, timnas Indonesia sempat mendapat peluang terbuka ketika umpan silang Irfan Jaya sampai ke kaki Ezra Walian, yang sudah berdiri di kotak penalti. Namun, Ezra Walian tak bisa berbuat banyak karena dia dijaga salah satu bek Malaysia. Para pemain Indonesia lainnya juga terlambat memberi support untuk Ezra, sehingga peluang terbuang percuma. Pada menit ke-23, Witan Sulaeman melepaskan sepakan kaki kiri dari kotak penalti, tetapi masih lemah, sehingga bisa diamankan kiper Malaysia Khairul Fahmi. 

Tiga menit berselang, Pratama Arhan melakukan cut inside dari sisi kanan sebelum melepaskan sepakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Sayangnya, upaya Pratama Arhan tak membuahkan hasil karena bola kirimannya hanya melambung di atas mistar gawang Malaysia.

Timnas Indonesia akhirnya berhasil mencetak gol balasan pada menit ke-36 lewat Irfan Jaya. Berawal dari umpan kunci Rachmat Irianto ke Witan Sulaeman yang lolos dari penjagaan pemain bertahan Malaysia. Witan kemudian melepaskan umpan tarik yang mengarah ke Irfan Jaya yang berdiri bebas di kotak penalti Malaysia. Tanpa kontrol, Irfan Jaya melepaskan tembakan kaki kiri yang gagal diselamatkan Khairul Fahmi.

Dua menit berselang, timnas Indonesia mendapat peluang emas lewat Ramai Rumakiek yang merangsek ke kotak penalti. Akan tetapi, peluang itu urung berbuah gol karena penyelesaian akhir Ramai Rumakiek masih jauh dari sasaran. Pada menit ke-43, timnas Indonesia berbalik unggul 2-1 atas Malaysia. 

Irfan Jaya kembali mencatatkan namanya di papa skor. Irfan Jaya memanfaatkan bola liar hasil penetrasi Pratama Arhan. Irfan melakukan penyelesaian akhir dengan sebuah sepakan kaki kanan. Gol kedua Irfan Jaya memastikan timnas Indonesia memasuki ruang ganti dalam keadaan unggul 2-1.

Memasuki babak kedua, timnas Indonesia melakukan perubahan. Elkan Baggott dimasukkan untuk menggantikan Ramai Rumakiek. Shin Tae-yong tampaknya ingin memperkuat pertahanan timnas Indonesia setelah unggul atas Malaysia. Beberapa saat setelah Elkan Baggott masuk, timnas Indonesia menambah keunggulan pada menit ke-50 lewat aksi Pratama Arhan. Pratama Arhan menerima umpan tarik Irfan Jaya dari sisi kanan. 

Bek sayap PSIS Semarang itu kemudian melakukan kontrol sebelum menembak bola ke gawang Malaysia dengan kaki kirinya dari luar kotak penalti. Bola sepakan Pratama Arhan meluncur deras dan menukik. Kiper Khairul Fahmi tak mampu membendungnya. Gol Pratama Arhan membuat menta timnas Malaysia jatuh. Timnas Indonesia memanfaatkan kondisi itu dengan terus menggempur pertahanan pasukan Tan Cheng Hoe.

Empat menit berselang, gawang Indonesia sempat dijebol Syafiq Ahmad. Namun, gol itu dianggap tidak sah karena Dion Cools lebih dulu melanggar Nadeo Argawinata dalam prosesnya. Memasuki 15 menit terakhir, timnas Indonesia sedikit mengendurkan serangan dan lebih fokus untuk bertahan. Meski demikian, timnas Indonesia tetap berbahaya saat serangan balik.  Pada menit ke-80 Witan Sulaeman berhadapan satu lawan satu dengan Khairul Fahmi setelah lolos dari penjagaan Junior Eldstal, tetapi sepakannya bisa diblok. 

Dua menit berselang, timnas Indonesia menambah keunggulan lewat gol Elkan Baggott. Elkan Baggott menyundul bola ke gawang Malaysia setelah meneruskan umpan sepak pojok Evan Dimas. Gol Elkan Baggott menjadi yang terakhir pada laga ini. Timnas Indonesia pun mengamankan kemenangan 4-1 atas Malaysia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You May Also Like

BOLA

Adam Traore Kembali ke Barcelona

For You

Francesco Guidotti Seperti Meluapkan Keluh Kesahnya

BASKET

Indonesian Basketball League